Baiq Diyah Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan Pada Ratusan Siswa SMA di Mataram

Advertisement

Baiq Diyah Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan Pada Ratusan Siswa SMA di Mataram

KATAKNEWS.com
Rabu, 12 September 2018

KATAKNEWS/Bara Elank

EMPAT PILAR. Anggota DPR RI, Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan, Rabu (12/9) di SMA Saraswati Mataram, NTB.


MATARAM - Anggota DPD RI, Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi mensosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, Rabu (12/9), di aula pertemuan SMA Saraswati Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kegiatan sosialisasi dihadiri sekitar 200 siswa dan guru, dari sejumlah sekolah seperti SMAN 3 Kota Mataram, SMAN 5 Kota Mataram, dan SMA Saraswati Mataram.

Di hadapan para siswa, Baiq Diyah menekankan agar generasi muda sebagai penerus bangsa bisa benar-benar memahami esensi berbangsa dan bernegara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Salah satunya adalah dengan benar-benar memahami empat pilar kebangsaan kita, yakni Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara, dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara kita," katanya.

Selain itu, Baiq Diyah juga menekankan pentingnya generasi muda terus menggali dan mempelajari sejarah bangsa ini.

Sebab, kemerdekaan dan kemajuan bangsa Indonesia ini tidak lepas dari perjuangan panjang para pahlawan.

Dengan demikian, generasi muda bisa memaknai betapa persatuan dan kesatuan bangsa merupakan hal yang harus terus dijaga.

"Saya harapkan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini akan terus dilaksanakan dan juga akan memberikan semangat pada generasi muda agar mereka lebih mencintai NKRI. Menjaga persatuan dan persaudaaran antar sesama anak bangsa," kata Baiq Diyah.

Sosialisasi berjalan dengan sangat interaktif. Sejumlah siswa SMA juga aktif bertanya seputar kebangsaan, tantangan dan peluang pembangunan di Indonesia yang sangat beragam penduduknya.

Baiq Diyah juga menekankan, agar di era serba digital ini generasi muda tidak mudah menelan mentah-mentah informasi yang mereka terima melalui media sosial.

"Jadilah generasi muda yang cerdas, jangan mudah terpecah belah karena berita dan informasi hoax," tegasnya.

Kepala SMA Saraswati Mataram, Ni Komang Sukertiasih mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang dilakukan Anggota DPD RI, Baiq Diyah Ratu Ganefi.

Menurutnya, di zaman serba modern ini, generasi muda memang harus terus menerus diberi pencerahan tentang kebangsaan dalam semangat persatuan yang bhineka tunggal ika.

"Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat ya. Sebab, generasi muda sekarang ini hidup di era penuh tantangan. Mereka membutuhkan pencerahan-pencerahan seperti ini agar lebih bisa memaknai keberadaan sebagai warga negara yang baik dalam wadah NKRI ini," katanya. K24