TNI Internasional Marathon di Kuta Mandalika akan Diikuti 10 Ribu Peserta dari Sembilan Negara

Advertisement

TNI Internasional Marathon di Kuta Mandalika akan Diikuti 10 Ribu Peserta dari Sembilan Negara

KATAKNEWS.com
Selasa, 03 Juli 2018


TNI INTERNASIONAL MARATHON.  Ketua Koordinator Publikasi TNI Internasional Marathon, Kolonel Inf Kristone Sianturi didampingi Kapenrem 162 WB, Mayor Inf Dahlan, saat memberikan keterangan pers terkait kesiapan kegiatan TNI Internasional Marathon di KEK Mandalika, Lombok Tengah.(KATAKNEWS/Foto: Penrem 162 WB)



LOMBOK TENGAH, KATAKNEWS.com - Lomba lari marathon internasional yang akan digelar Mabes TNI untuk menyambut HUT TNI ke 73 di kawasan wisata Kuta Mandalika, Lombok Tengah, dipastikan melibatkan sekitar 10 ribu peserta berasal dari 9 negara. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp10 miliar.

“Lomba lari marathon tingkat Internasional ini akan digelar pada 23 September 2018, mengangkat tema National Armed Forces Internasional Marathon The Mandalika. Lomba ini akan diikuti sekitar 10 ribu peserta dari 9 negara dengan total hadiah Rp10 Miliar, angka ini merupakan hadiah terbesar di Indonesia untuk kegiatan yang sejenisnya,” kata Ketua Koordinator Publikasi TNI Maraton, Kolonel Inf Kristone Sianturi, usai menghadiri rapat koordinasi, Selasa (3/7), di kantor ITDC, KEK Mandalika, Lombok Tengah.

Kolonel Inf Kristone Sianturi yang juga menjabat sebagai Kapendam Jaya menerangkan, rapat koordinasi di kantor ITDC itu dilakukan sebagai pemantapan rencana kegiatan, bersama instansi terkait baik Pemda pihak ITDC selaku pengelola KEK Mandalika.

”Rapat pemantapan ini terkait dengan beberapa kategori lomba marathon yang  akan dilombakan diantaranya kategori 5 km, 10 km, 21 km dan 42 km yang dibagi berdasarkan kelas masing-masing," jelasnya.

Baca Juga : Mantap TNI Internasional Marathon Bakal Digelar di Kawasan Wisata The Mandalika

Ditambahkannya, sebelum pelaksanaan lomba lari marathon pada tanggal 23 September nanti, sebelumnya akan dilaksanakan bakti sosial, gelar budaya dan pada hari pelaksanaan disertai dengan terjun payung dan demonstrasi tim yupiter aerobatik, serta pameran Alutsista di lokasi yang sama.

Menurut Sianturi, selain para pelari profesional Marathon ini juga terbuka untuk seluruh masyarakat masyarakat Indonesia, baik di NTB maupun daerah-daerah lain dengan mendaftarkan diri secara online melalui situs www.tnimaraton.com.

Sementara itu, Kepala General Affair ITDC, I Gusti Lanang Bratasuta mengatakan, ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika sudah sangat siap untuk melaksanakan kegiatan TNI Marathon di kawasan Mandalika.

"Berbagai pihak juga ikut membantu dan mensuport dalam mensukseskan event TNI Marathon The Mandalika ini," katanya.

Menurutnya, ITDC juga sudah sangat matang mempersiapkan kegiatan ini yang akan melibatkan pelari kelas dunia, diantaranya berasal dari negara Kenya, Eropa dan pelari nasional lainnya.

”Event ini sendiri merupakan event marathon dengan hadiah terbesar di Indonesia dengan total hadiah mencapi Rp10 miliar," katanya.

Bratasuta mengatakan, dari sisi pariwisata, event TNI Internasional Maraton ini sangat strategis untuk lebih mempromosikan potensi wisata di Lombok, NTB, terutama di kawasan Mandalika. K18




Editor : Bara Elank