Pastikan Keamanan dan Kelancaran Kunjungan Presiden di Sumbawa, TNI - Polri Gelar Pasukan

Advertisement

Pastikan Keamanan dan Kelancaran Kunjungan Presiden di Sumbawa, TNI - Polri Gelar Pasukan

KATAKNEWS.com
Sabtu, 28 Juli 2018

KATAKNEWS/Foto: Penrem 162 WB

GELAR PASUKAN. Danrem 162 WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani memeriksa kesiapan pasukan, Sabtu (28/7) saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan kunjungan Presiden RI, di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).


SUMBAWA, KATAKNEWS.com - Memastikan rangkaian kunjungan Presiden RI Ir H Joko Widodo (Jokowi) di pulau Sumbawa, jajaran TNI dan Polri bersama unsur terkait menggelar apel gelar pasukan, Sabtu (28/7), di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Apel Gelar Pasukan Pengamanan Kunker Presiden, itu dipimpin Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, diikuti ribuan personil gabungan TNI Polri dan Satgas instansi lainnya, serta aparatur Pemda setempat.

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dalam amanat tertulis yang dibacakan Danrem Rizal menyampaikan, bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka Pengamanan VVIP kunjungan RI 1 di wilayah Kabupaten Sumbawa.

"Diharapkan semua unsur terkait baik TNI Polri maupun pemerintah daerah bekerjasama yang baik untuk menunjang kelancaran selama kunjungan," katanya.\

Ia mengatakan, meski pengamanan VVIP seperti ini sudah sering dilaksanakan baik pada event nasional maupun internasional, namun pelaksanaan pengamanan VVIP tetap harus dianggap sebagai operasi baru.

"Sehingga dilakukan terbaik mulai dari tahap awal sampai dengan tahap akhir, dengan tidak ada istilah rutinitas," tegas Pangdam dalam amanatnya.

Apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengecek kesiapan pasukan yang disesuaikan dengan prosedur yang berlaku. Adapun hal-hal yang juga perlu dipahami dalam Pengamanan VVIP antara lain mengetahui tugas dan tanggung jawab sesuai dengan rantai komando.

"Sehingga tujuan pengamanan dapat berjalan dengan baik," tukasnya.

Pangdam Juga memberikan penekanan untuk dijadikan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas agar masing-masing bagian harus menguasi tugas, pegang teguh disiplin dan pahami rantai komando sehingga rantai pengamanan dapat terlaksana dengan baik.

"Jangan terlena dan tingkatkan kepekaan terhadap setiap perkembangan situasi di lapangan, jangan ragu dalam bertindak serta tingkatkan koordinasi secara optimal dengan aparat terkait dan melaporkan situasi pada kesempatan pertama," katanya.

Mengakhiri amanatnya, Orang nomor satu dijajaran Kodam IX/Udayana tersebut berpesan hindari kesalahan sekecil apapun selama kunjungan Presiden RI di wilayah Kabupaten Sumbawa dengan tetap berpedoman pada beberapa penekanan selama Pengamanan VVIP. K24



Editor : Bara Elank