LIA Beroperasi Normal, Tiap Enam Jam Dipantau Kayak Minum Obat

Advertisement

LIA Beroperasi Normal, Tiap Enam Jam Dipantau Kayak Minum Obat

Redaksi KATAKNEWS
Minggu, 03 Desember 2017

I Gusti Ngurah Ardita.
MATARAM, KATAKNEWS.com - Operasional Lombok International Airport (LIA), di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) terus berjalan normal, Minggu (3/12/2017).

Namun, pemantauan kondisi tetap dilakukan setiap enam jam sekali, untuk memastikan layanan penerbangan berjalan lancar tanpa terganggu abu vulkanik Gunung Agung.

Sebelumnya, LIA sempat ditutup beberapa jam pada Sabtu (2/12/2017) pukul 06.00 WITA hingga pukul 08.50 WITA dikarenakan abu vulkanik Gunung Agung di Bali.
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

"Sudah beroperasi normal selama dua hari ini, Lombok International Airport masih terus melakukan beberapa langkah antisipasi terkait aktivitas Gunung Agung," kata GM LIA, I Gusti Ngurah Ardita, Minggu (3/12/2017).

Operasional penerbangan sejumlah maskapai, menurut dia juga sudah kembali normal. Termasuk penerbangan internasional yang direncanakan on schedule untuk Air Asia tujuan Kuala Lumpur, Malaysia, dan Silk Air tujuan Singapura.

Ardita menjelaskan, pada Minggu pagi pukul 08.00 Wita jajaran LIA telah melaksanakan rapat kordinasi dengan stakeholders kebandaraan, seperti Otoritas Bandara Wilayah IV, pihak AIRNAV, pihak BMGK, Airlines dan Ground Handling, untuk membahas serta mengevaluasi dari dampak erupsi Gunung Agung. Rapat serupa akan terus digelar setiap enam jam sekali.

"Rapat  terus dilakukan setiap 6 jam sekali. Hasil Pemantauan pagi ini berdasarkan satellite Himawari sejak pukul 00.00 hingga tanggal 3 Desember 2017 pergerakan Vulcanic Ash tidak terdeteksi karena tertutup awan karena hujan. Untuk hasil Paper Test yang dilakukan oleh tim safety Lombok International Airport di area bandara masih NIL Vulcanic Ash," kata Ardita.

Ia menambahkan, Lombok International Airport juga masih terus membuka posko pelayanan terpadu yang berada di lobby terminal yang menjadi pusat tempat informasi bagi para jasa pengguna kebandaraan.

Bagi masyarakat yang membutuhkan informasi, LIA juga menyediakan hotline yang bisa dihubungi ; Posko pelayan terpadu (0370) 6157000 ext. 888, Airport Customer Service (0370) 6157000 ext. 806, Media Center (0370) 6157000 ext. 651,  atau bisa juga menghubungi Call Center PT. Angkasa Pura I (Persero) di nomor 172. K18

Editor: Mahardika Hendra