Ringankan Beban Warga, Kodim Lombok Tengah Gelar Karya Bhakti Di Lokasi Bencana Puting Beliung

Advertisement

Ringankan Beban Warga, Kodim Lombok Tengah Gelar Karya Bhakti Di Lokasi Bencana Puting Beliung

Panca Nugraha
Selasa, 28 November 2017

LOMBOK TENGAH, KATAKNEWS.com - Bencana angin puting beliung yang terjadi di Desa Mujur, Kecamatan Praya Timur,  Kabupaten Lombok Tengah, Minggu (26/11) menyebabkan kerusakan cukup parah menimpa rumah warga dan fasilitas umum.

Untuk membantu meringankan beban warga dan para korban, jajaran TNI dari Kodim 1620/ Lombok Tengah, menggelar karya bhakti di lokasi itu.

Bersama masyarakat setempat, TNI membersihkan sisa pohon tumbang dan material bangunan yang berserakan dari sejumlah bangunan yang rusak seperti beberapa rumah warga, Mushola, serta  sekitar 7 ruangan kelas di SMAN 1 Praya Timur yang rusak diterjang puting beliung.


Kasdim 1620/Lombok Tengah, Mayor Inf Mustawan menjelaskan, karya bakti diselenggarakan selama dua hari dengan melibatkan sekitar 200 orang personel terdiri dari personel Kodim 1620/Loteng, Polres Loteng dan Pam Swakarsa Gagak Hitam, serta masyarakat setempat, mulai Senin (27/11) hingga Selasa (28/11).

"Lokasinya ada di tiga dusun yang terdampak puting beliung yakni Dusun Senayan, Dusun Mungkik dan Susun Budi Waton. Jadi personel dibagi menjadi tiga kelompok untuk mempermudah pengendalian dan hasil yang maksimal," katanya, Selasa (28/11).

Dalam karya bakti ini, anggota TNI melakukan pemotongan pohon-pohon yang tumbang, mengumpulkan seng-seng rumah yang terbang dibawa angin hingga kiloan meter dan pembersihan sisa-sisa atau bekas sampah yang diterbangkan angin.


Sementara itu Pasiter Kodim 1620/Loteng Kapten Inf lalu Rohandi, mengatakan, pada Selasa (28/11) yang merupakan hari kedua karya bakti, jajaran Kodim sudah melaksanakan pembuangan sampah yang sudah terkumpul dan pengangkutan atap-atap rumah yang sudah dikumpulkan di beberapa titik.

"Kami juga sudah menyiapkan lokasi untuk pemberian bantuan oleh Pemda Loteng,"katanya.

Menurutnya, Pemda Loteng akan menyalurkan bantuan berupa kayu, asbes dan papan untuk keperluan pembuatan atap rumah warga yang rusak. K20

Editor: Bara Elank