Lewat Dongeng, BPJS Ketenagakerjaan Edukasi Anak-Anak Tentang Jaminan Sosial

Advertisement

Lewat Dongeng, BPJS Ketenagakerjaan Edukasi Anak-Anak Tentang Jaminan Sosial

Redaksi KATAKNEWS
Selasa, 28 November 2017

Anak-anak SD di Kota Mataram mengikuti kegiatan BPJS Mendongeng. 
MATARAM, KATAKNEWS.com - Memperingati moment Hari Mendongeng Nasional tahun 2017, BPJS Ketenagakerjaan menggelar acara bermain dan belajar bersama, melibatkan sekitar 100 anak dari 5 Sekolah Dasar (SD) di Kota Mataram, Selasa (28/11) di Lombok Epicentrum Mall (LEM) Mataram.

Menggunakan metode dongeng dan cerita, melalui kegiatan itu BPJS Ketenagakerjaan mengedukasi anak-anak yang terlibat tentang pentingnya jaminan sosial.

Kegiatan serupa juga digelar di dua Kota lain selain Mataram, yakni di Batam-Kepulauan Riau dan Makassar-Sulawesi Selatan, di hari yang sama.

Deputi Direktur Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan, Irvansyah Utoh Banja mengatakan,  kegiatan bermain dan belajar bersama anak-anak itu digelar untuk sosialisasi sekaligus mengedukasi anak-anak agar bisa memahami arti jaminan sosial sejak dini.

"Jaminan sosial sangat penting untuk diketahui oleh anak-anak sejak dini, sehingga mereka akan memiliki pengetahuan tentang jaminan sosial saat dewasa nanti, baik sebagai pekerja maupun pengusaha," kata Irvansyah, di sela kegiatan di LEM Mataram.

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi pada anak-anak cukup efektif dilakukan dengan mengajak mereka bermain dan bergembira bersama. Selain itu, kegiatan bertema BPJS Mendongeng juga merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati Hari Ulang Tahun BPJS Ketenagakerjaan yang ke-40 tahun ini.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta dilibatkan dalam permainan atau games profesi untuk melatih keterampilan mereka dalam bekerja. Acara bertemakan BPJS Mendongeng ini, kemudian ditutup dengan penyerahan plakat secara simbolis kepada perwakilan pihak sekolah yang hadir.

"Kami akan terus mengembangkan acara-acara seperti ini, dan tenus berusaha untuk menyalurkan informasi Jaminan Sosial kepada seluruh lapisan masyarakat agar kesadaran berjaminan sosial semakin tinggi," kata Irvansyah.

BPJS Ketenagakerjaan juga membagikan buku-buku pelajaran sekolah kepada 100 anak SD yang hadir dalam kegiatan tersebut.

"Kami harap semangat anak-anak dalam belajar dapat membuahkan hasil yang positif dan berguna bagi kemajuan bangsa dan negara," katanya.


Mewakili Gubernur NTB, Kepala Dinas Tenaga Kerja NTB, Wildan mengatakan, kegiatan sosialisasi dan edukasi jaminan sosial bagi anak-anak sangat positif dan efektif untuk mengenalkan pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan sejak dini, sekaligus membangun masa depan BPJS Ketenagakerjaan di masa mendatang.

"Hal ini tentu bagus, namun juga jangan dilupakan bahwa masa depan dibangun dengan kerja keras di masa kini, selain menanamkan pentingnya jaminan sosial pada anak anak, peran BPJS Ketenagakerjaan juga harus terus ditingkatkan untuk membuktikan nilai penting tersebut dalam masyarakat," katanya.

Ia mengajak semua pihak, untuk membangun jaminan sosial yang dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan bagi masyarakat.

"Mari kita bekerja bersama dan memberikan yang terbaik untuk warga negara Indomesia pada umumnya, dan warga NTB pada khususnya," katanya. K4

Editor: Bara Elank