Bandara Buka Tutup, 32 Hotel Berbintang Di Lombok Kasih Diskon Sampai 50 Persen

Advertisement

Bandara Buka Tutup, 32 Hotel Berbintang Di Lombok Kasih Diskon Sampai 50 Persen

Redaksi KATAKNEWS
Kamis, 30 November 2017

Lalu Moh. Faozal.
MATARAM, KATAKNEWS.com - Sedikitnya 32 hotel berbintang di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) memberi diskon hingga 50 persen dari tarif normal bagi para wisatawan domestik dan mancanegara, menyusul kondisi Lombok International Airport (LIA) yang terpaksa buka tutup operasionalnya lantaran terdampak erupsi Gunung Agung Bali.

"Sudah ada komitmen dari 32 hotel memberikan diskon hingga 50 persen. Ini juga sesuai edaran Gubernur, demi kenyamanan wisatawan yang sedang berada di Lombok," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal, Kamis (30/11/2017).

Pada Kamis siang, Dinas Pariwisata mengundang sejumlah stakeholders terkait dalam rapat koordinasi menyikapi dampak erupsi Gunung Agung Bali, terhadap sektor pariwisata NTB.

Terganggunya aktivitas penerbangan di LIA beberapa hari terakhir, menurut Faozal membuat cukup banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang tak bisa melanjutkan traveling ke luar Lombok akibat penerbangan ditunda, terpaksa memperpanjang masa liburnya di Lombok.

"Kalau yang domestik mungkin bisa kita arahkan menggunakan jalur laut via Pelabuhan Lembar. Tapi kalau yang tujuan Malaysia, atau Singapura, ini tentu sulit. Jadi ada komitmen teman-teman PHRI dan IHGMA untuk membantu dengan diskon 50 persen," kata Faozal.

Baca Juga: Hotel dan Restaurant Diimbau Kasih Diskon

Selain diskon tarif hotel, Dinas Pariwisata NTB juga menyediakan tiga unit Bus untuk keperluan para wisatawan yang ada di Lombok, terutama yang terkena dampak buka tutup LIA.

Satu unit bus berkapasitas 42 penumpang disiapkan di LIA, untuk mengantar wisatawan yang sudah terlanjur ke bandara, namun penerbangannya ditunda, dan harus kembali ke hotel. Satu unit berkapasitas 34 penumpang, juga disiapkan di LIA untuk mengantar wisatawan yang batal penerbangan namun mau melanjutkan perjalanannya via Pelabuhan Lembar.

"Satu unit lagi kita siapkan untuk wisatawan yang mau pindah destinasi ke wilayah Selatan," kata Faozal. K18

Editor: Bara Elank